Selasa, 31 Oktober 2017

Manfaat Kunyit Untuk Keputihan

Manfaat Kunyit untuk Sistem Reproduksi Wanita

Estrogen adalah salah satu hormon seks wanita yang penting untuk siklus menstruasi dan kesuburan wanita. Kunyit telah membuktikan aktivitas estrogenik - ini meniru aktivitas hormon.

Kurkumin berperan sebagai fitoestrogen-estrogen lemah yang diperoleh dari sumber tanaman. Ini bisa menjadi sugestif dari peran terapeutiknya dalam gangguan reproduksi wanita.

1. Manfaat selama periode

Kunyit dikenal menurunkan intensitas dan rasa sakit yang dialami selama menstruasi. Saya mencari ini melalui internet dan menemukan bahwa ini adalah masalah yang sangat umum saat ini dengan begitu banyak wanita.

Tindakan antispasmodik kunyit bisa membantu kram menstruasi. Meskipun ada banyak obat yang tersedia saat ini untuk masalah ini, namun menggunakan kunyit dapat memberikan pilihan alami yang hebat.  Obat Keputihan Di Apotik Kimia Farma

Para ilmuwan di Thailand telah menyelidiki efek antispasmodik curcuminoids pada kontraksi rahim. Curcuminoids, dengan konsentrasi 8microgram / ml dan 16 mikrogram / ml, membantu mengurangi gaya dan frekuensi kontraksi yang diinduksi pada otot polos rahim tikus.

Nyeri punggung dan nyeri tubuh secara keseluruhan adalah keluhan umum yang terkait dengan siklus menstruasi. Wanita umumnya menggunakan obat penghilang rasa sakit yang ada di sana.

Penggunaan obat penghilang rasa sakit atau obat antiinflamasi non steroid (NSAIDS) untuk jangka panjang dapat menimbulkan efek samping seperti gangguan gastrointestinal, gastritis, keasaman, gagal ginjal dan lain-lain. Sebagai alternatif herbal untuk obat penghilang rasa sakit, bubuk kunyit dapat dikonsumsi di dalam batas 400-600mg tiga kali sehari.


Kurkumin adalah agen antiinflamasi yang kuat dan melawan rasa sakit dengan cara yang sama seperti obat penghilang rasa sakit namun tidak menimbulkan efek samping.

Kunyit adalah salah satu ramuan yang mengembalikan rahim kembali dalam bentuk dan fungsi yang tepat. Beberapa juga percaya bahwa kunyit juga membantu menyeimbangkan hormon yang pada gilirannya bertanggung jawab atas jerawat, menstruasi yang tidak teratur, dll.

2. Menormalkan menstruasi

Kunyit memiliki khasiat sebagai emmenagogue. Emmenagog adalah ramuan yang merangsang aliran darah di daerah panggul dan rahim, juga beberapa di antaranya merangsang menstruasi. Kunyit memurnikan dan menggerakkan darah stagnan yang menormalkan menstruasi.

Manfaat lain dari kunyit muncul dari kenyataan bahwa itu adalah stimulan uterus ringan dan suportif.

Stimulan uterus (uterotonik) adalah obat yang diberikan untuk menyebabkan rahim wanita berkontraksi, atau untuk meningkatkan frekuensi dan intensitas kontraksi.

Saya harus menambahkan bahwa dalam beberapa situasi ini juga bisa menjadi masalah. Oleh karena itu, selalu disarankan ibu hamil dan menyusui untuk minum kunyit setelah berkonsultasi dengan dokter mereka.

3. Leukore

Leukore adalah istilah yang digunakan untuk menunjukkan keputihan tebal, keputihan atau keputihan. Sekali lagi, ketika saya meneliti melalui internet, ini juga tampaknya menjadi masalah besar akhir-akhir ini.

Hal ini diyakini disebabkan karena berbagai faktor (yang utama menjadi ketidakseimbangan hormon) dan bisa berlanjut selama bertahun-tahun. Kunyit bisa terbukti membantu disini.

Ambil 10 gram kunyit dan rebus di air. Biarkan dingin dan kemudian seperti douche 3-4 kali sehari. Hal ini diyakini memberikan bantuan jangka panjang.

4. Endometriosis

Endometriosis adalah penyakit di mana sel endometrium yang melapisi rahim, tumbuh di luar rongga rahim. Penyakit ini mempengaruhi sekitar 15% wanita usia subur dan menyebabkan infertilitas.

Penyebab pasti dibalik terjadinya penyakit ini belum dipahami namun stres oksidatif dan ketidakseimbangan hormon dikatakan memainkan peran penting dalam mediasinya.



Stres oksidatif adalah ketidakseimbangan antara prooksidasi dan pertahanan antioksidan alami tubuh.

Prooxidants dihasilkan di berbagai jalur biokimia tubuh termasuk proses yang terkait dengan perkembangan sistem reproduksi wanita.

Namun bila diproduksi secara berlebihan, agen ini dapat menyebabkan stres oksidatif dan menyebabkan proliferasi penyakit.

Curcumin dilaporkan menghambat pertumbuhan sel endometrium dengan memodulasi sekresi estrogen. Aktivitas antioksidan Curcumin yang ampuh juga dieksploitasi untuk digunakan sebagai bantuan melawan infertilitas yang dimediasi oksidatif di endometrium.

5. Sindrom shock toksik haid (mTss)

Sindrom syok toksik adalah kondisi yang berpotensi fatal yang disebabkan oleh toksin bakteri. Sindrom syok beracun mempengaruhi wanita yang sedang haid, terutama mereka yang menggunakan tampon super-absorben atau menggunakan tampon tunggal untuk jangka waktu lama.

Sindrom syok toksik juga bisa terjadi dengan infeksi kulit, luka bakar, dan setelah operasi. 1/3 dari kasus syok beracun melibatkan perempuan berusia di bawah 19. Demam tinggi dan muntah saat menstruasi, ruam, dan tekanan darah rendah hanya sedikit gejalanya.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Minnesota, AS menyelidiki efek curcumin pada mTss dalam model kelinci.

Curcumin ditemukan tidak beracun untuk sel-sel yang melapisi vagina dan tidak hanya menghambat infeksi tetapi juga mengurangi peradangan yang disebabkan olehnya.

Efek ini dianggap disebabkan karena sifat antiinflamasi dan anti-mikro kurkumin. Kurkumin mengurangi sindrom syok toksik yang diinduksi lethality sebesar 60% pada kelinci.

Hasil penelitian eksperimental ini menyarankan penggunaan kurkumin dalam kisaran terapeutik yang aman untuk aplikasi vagina topikal. Namun tidak ada salep semacam itu yang telah diformulasikan untuk tujuan ini, oleh karena itu saya akan menahan diri untuk tidak menasihati penerapan topikal kunyit pada lapisan mukosa.

6. Uterine Fibroid

Fibroid adalah tumor non kanker yang tumbuh di dinding rahim. 1 dari 5 wanita dipengaruhi oleh fibroid selama masa reproduksi mereka. 20-80% wanita mengalami fibroid pada usia 50 tahun. Prosedur bedah dan terapi hormon adalah garis pengobatan yang umum.


Curcumin ditemukan untuk menghambat pertumbuhan sel yang membentuk fibroid uterus dan mencegah proliferasi. Sifat anti-inflamasi kurkumin memediasi efek terapeutik ini.

7. Kanker

Ilmu kedokteran perlahan menerima manfaat kunyit terhadap berbagai jenis kanker. Kunyit telah terbukti efektif melawan tumor dan kanker dalam banyak penelitian ilmiah yang dilakukan di laboratorium dan ada sejumlah besar orang yang pernah saya lihat di forum memuji kunyit untuk keuntungan yang mereka rasakan dalam kondisi kesehatan mereka.

Penelitian membuktikan bahwa curcuminoids dapat mencegah pertumbuhan sel kanker payudara dan juga mencegah penyebaran kanker payudara pada tulang dengan cara menghambat sel kanker payudara dari faktor yang mensekresikan yang diperlukan untuk perkembangan kanker ke organ tubuh lainnya.

Menariknya India memiliki insidensi kanker payudara terendah di dunia dan juga memiliki konsumsi tertinggi serta produksi kunyit diet di seluruh dunia.

Kunyit juga terbukti menghambat pertumbuhan sel kanker ovarium; Kanker ovarium adalah penyebab utama kematian ketika datang ke kanker ginekologi.

Curcumin dilaporkan menyebabkan sel kematian sel kanker serviks dengan bertindak melawan estradiol - hormon seks wanita utama yang dalam kondisi buruk membantu perkembangan kanker serviks (kanker di bagian bawah rahim).

Dosis

Kunyit dapat dikonsumsi setiap hari dalam makanan seperti kari atau sediaan nasi , sup atau bahkan dengan susu. Suplemen kunyit dalam bentuk kapsul dan tincture juga tersedia. Dosis yang ditentukan adalah sebagai berikut:

Serbuk standar: 400-600mg 3 kali sehari
Ekstrak cairan dengan konsentrasi 1: 1: 30-90 tetes per hari
Tingtur rasio 1: 2: 15-30 tetes 4 kali sehari
Tindakan pencegahan

Konsumsi kunyit yang tak diragukan lagi menuai banyak manfaat kesehatan namun perlu mendapat saran praktisi kesehatan sebelum mengkonsumsi suplemen kunyit. Jika menelan dosis tak tepat atau reaksi alergi, obat ini bisa menimbulkan efek samping. Beberapa kondisi di mana disarankan untuk mengkonsumsi kunyit dengan hati-hati adalah:

Kehamilan & Laktasi
Diabetes jika sudah mengonsumsi obat pengencer darah
Sebelum prosedur operasi
Batu empedu atau obstruksi bagian empedu
Penyakit gastrointestinal
Mengkonsumsi obat untuk asam keasaman atau pengencer darah
Jadi di atas adalah beberapa dari banyak cara kunyit menguntungkan sistem reproduksi wanita. Saya yakin ada banyak manfaat lagi dan saya akan terus memperbaruinya saat menemukannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar